Jenis, Desain dan Model Atap Rumah Minimalis Berbagai Bahan

Pokocu.com - Model atap rumah minimalis ada banyak sekali jenis, desain dan bahannya. Jika umumnya kita tau atap genting, seng dan asbes, itu belum cukup. Masih ada banyak jenis bahan lain yang biasa dipakai untuk atap rumah dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Atap rumah, selain melindungi penghuninya dari efek panas dan guyuran air hujan juga memiliki fungsi lain. Atap rumah juga bisa memiliki nilai estetik sehingga meningkatkan keindahan rumah itu sendiri. Jadi dengan pemilihan desain atap yang tepat maka rumah akan semakin berkesan.

Pilihan Model Bahan Atap Rumah Minimalissumber: rumah.com

Bukan hanya desain rumah dan interiornya saja, pemilihan atap yang tepat akan berpengaruh terhadap kenyamanan penghuni. Selain itu, atap rumah yang cantik juga bisa menjadi kelebihan tersendiri sehingga rumah makin berkesan.

Pilihan Model Bahan Atap Rumah Minimalis Beserta Kekurangan dan Kelebihan-nya

Atap Genteng Tanah Liat

Jenis Genteng Tanah Liatsumber: shutterstock.com

Jenis atap ini dipastikan Anda sudah tau karena jamak digunakan. Atap dari genteng yang terbuat dari tanah liat masih menjadi favorit, selain harga terjangkau juga sangat mudah didapat. Model genting yang bervarias, kuat dan tahan lama tentu menjadi kelebihan tersendiri dari jenis atap ini. Genting sangat tahan terhadap cuaca panas atau dingin dan hujan lebat sekalipun. Kekurangannya yaitu sangat mudah berlumut, sehingga cepat kusam. Selain itu, dibutuhkan konstruksi yang super kokoh untuk pemasangan genting tanah liat mengingat jenis atap ini cukup berat.

Atap Rumah Seng

Atap Sengsumber: Lewis Walker Roofting

Menjadi favorit berikutnya, atap seng untuk rumah terbilang cukup ekonomis. Materialnya yang ringan dan pemasangan yang mudah dan cepat menjadi favorit kebanyakan orang. Namun atap seng juga punya beberapa kelemahan yang tak bisa dihindari. Bahan ini sangat mudah korosi sehingga cepat bocor dan rapuh. Masalah lainnya juga atap ini menimbulkan suara ketika terjadi hujan lebat sehingga sangat berisik.

Atap Genteng Keramik

Model Atap Rumah Genteng Keramiksumber: rumah.com

Layaknya atap genting biasa yang terbuat dari tanah liat, namun atap genting keramik dilapisi bahan keramik yang halus. Warna-warna cantik pada genting keramik menjadi kelebihan tersendiri karena bisa membuat rumah makin cantik dan meningkatkan nilai estetika. Jenis atap rumah ini terbilang super kuat dan tahan lama. Namun pastinya harga cukup mahal jika dibanding model atap lainnya.

Atap Genteng Metal

Model Atap Rumah Genteng Metal Pasirsumber: tokopedia.com

Bukan hanya genting tanah liat dan genting keramik saja, namun desain atap metal juga bisa dibuat menyerupai genting. Bentuk dari atap jenis ini adalah lembaran, pemasangannya harus menggunakan mur dan baut. Kelebihannya adalah cepat dipasang dan sangat ringan. Namun berbeda dari genting sebenarnya, genting metal ini menyerap panas seperti layaknya atap seng. Jadi pada saat musim panas penghuni rumah bisa saja merasakan kepanasan karena material atap ini menyerap panas, berbeda dengan atap genting tanah liat yang cukup adem dan nyaman.

Atap Beton Cor

Model Atap Rumah Dak Beton Corsumber: news.indotrading.com

Atap beton cor umumnya digunakan untuk rumah bertingkat. Atap ari beton cor ini tentunya sangat kuat dan tidak akan hancur. Tahan terhadap cuaca panas dan hujan dan anti api. Namun karena beton cor sangat berat, maka mengharuskan konstruksi rumah yang super kuat. Pembuatan pondasi dan cakar ayam harus memenuhi standar agar rumah dapat berdiri kokoh dengan atap beton cor.

Dari berbagai pilihan jenis desain dan model atap rumah minimalis seperti di atas, mana yang cocok untuk Anda? Pastikan memilih sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Post a Comment